Berita Kami

22 December 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Apa Itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Beberapa tahun terakhir istilah blockchain semakin populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya masyarakat yang berkecimpung di bidang IT saja, namun juga masyarakat awam.

Sebenarnya, apa itu blockchain dan bagaimana cara kerjanya?

Blockchain adalah teknologi baru yang dikembangkan untuk sistem penyimpanan data digital. Teknologi ini terhubung melalui kriptografi dan erat kaitannya dengan Bitcoin dan Cryptocurrency.

Blockchain terdiri dari kata block yang punya arti kelompok dan chain yang punya arti rantai. Sesuai dengan arti namanya, cara kerja blockchain adalah menggunakan sumber daya komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung satu sama lain dengan tujuan mengeksekusi transaksi.

Setiap blok terdiri dari ledger (buku besar) dan tiga elemen, yakni data, hash, hash dari blok sebelumnya.

Jenis data yang digunakan pada teknologi tergantung pada tujuan blockchain. Misalnya data blok dalam bitcoin berisikan seluruh detail transaksi, mulai dari jumlah koin, pengirim, hingga penerima.

Untuk data berupa tanda tangan atau sidik jari biasanya menggunakan Hash untuk mengidentifikasi blok dan seluruh isinya dalam kode unik. Sedangkan hash dari blok sebelumnya merupakan bagian yang membawa jejak informasi sebelumnya sekaligus mengamankan rantai blockchain.

Sistem blockchain terdiri dari transaksi dan blok yang berisikan rangkaian hash kriptografi dan hash blok sebelumnya hingga membentuk jaringan.

Sifat blockchain yang desentralisasi membuat teknologi ini tidak perlu bergantung pada otoritas eksternal untuk validasi dan integritas keaslian data. Proses ini merupakan proses terdesentralisasi yang biasa terjadi di antara node jaringan untuk memastikan informasi tersebut valid.

Setelah proses desenteralisasi, data akan ditambahkan ke dalam blok baru. Setiap bloknya berisikan hash atau kode unik. Kendati rata-rata transaksi blockchain bersifat investasi, faktanya blockchain bisa menyimpan berbagai jenis informasi di dalam blok yang sama.

Dalam pemanfaatannya, teknologi blockchain biasanya digunakan di bidang keuangan, telekomunikasi, properti, media, medis, dan pertanian.

Itulah penjelasan dari blockchain beserta cara kerjanya. Jika Anda tertarik mendalami bidang teknologi informasi, silakan mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Kontak kami di mail@suhu.co.id untuk mendapatkan informasi lengkapnya. 

 

 

 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami