Berita Kami

14 October 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Apa itu CAPTCHA dan apa fungsinya?

Apa itu CAPTCHA dan apa fungsinya?

Setiap kali membuka sebuah situs di website ataupun saat mengunduh file di internet, biasanya user akan diminta untuk mengerjakan soal CAPTCHA. Soal CAPTCHA yang biasanya disuruh bentuknya bisa bermacam-macam seperti memasukkan kombinasi huruf dan angka, memilih gambar, menyusun puzzle dan lainnya.

Namun sebenarnya, apa sih CAPTCHA itu?

CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computer and Humans Apart. CAPTCHA merupakan semacam permintaan atau pengajuan online yang dilakukan untuk proses verifikasi.

Untuk cara bacanya buka “Kapt Cha” namun “Kapt-chuh atau keptcah”.

Captcha memang umum ditemukan di Internet, terutama ketika Anda melakukan registrasi di sebuah situs atau menggunakan tools yang ada di sebuah website. Sayangnya, kebanyakan pengguna hanya mengikuti perintah untuk memasukkan huruf, angka atau mengklik gambar, tanpa benar-benar tahu apa fungsinya.

Jadi, apa sebenarnya fungsi CAPTCHA?

Fungsi CAPTCHA

1. Melindungi Pendaftaran di Website 

Saat melakukan registrasi Anda seringkali menemukan captcha. Sebagai infrmasi, beberapa tahun lalu pernah terjadi serangan bots ketika terjadi pendaftaran ribuan akun email di saat bersamaan. Dengan adanya captcha diharapkan hal ini tidak terulang kembali.

2. Menghindari Spam

Banyak blogger yang menggunakan komentar palsu untuk menaikkan rate situs mereka sehingga masuk halaman awal mesin pencari. Adanya captcha akan mencegah munculnya spam komentar dengan tipe seperti ini, karena setiap kali ingin memposting komentar pengguna harus memasukkan captcha dari kombinasi angka, huruf, atau gambar terlebih dahulu.

3. Melindungi Proses Pendaftaran

Secara umum, layanan gratis yang diberikan perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Youtube, dan lainnya membutuhkan captcha untuk melindungi sekaligus mencegah penyalahgunaan data oleh berbagai skrip otomatis.

4. Mencegah Search Engine Bot

Keberadaan captcha dapat melindungi sebuah halaman website dari search engine bot yang terkadang muncul untuk membaca halaman website. Sebenarnya, ada tag yang bisa melakukan tugas ini.

5. Melindungi Alamat Email dari Scraper

Scraper merupakan sebuah bots yang mampu memotong alamat email seseorang dari sebuah situs web, kemudian mengambilalih aksesnya. Captcha akan melindungi dan menyembunyikan alamat email Anda dari scraper sehingga para spammer tidak bisa menyebarkan spam dan mencari alamat email Anda.

Nah, kehadiran CAPTCHA ternyata benar-benar dibutuhkan situs web ya. Itu baru soal CAPTCHA. Jika Anda ingin mempelajari skill IT lainnya, tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id. 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami