Berita Kami

27 April 2020 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Apa itu Flutter? Kenali Fungsi dan Kelebihannya

Apa itu Flutter? Kenali Fungsi dan Kelebihannya

Dalam dunia IT, seringkali ada banyak update mengenai teknologi terbaru. Salah satunya adalah Flutter. Flutter adalah framework UI mobile dan open source yang dibuat oleh Google dan dirilis pada Mei 2017. Secara singkat, flutter memungkinkan Anda membuat aplikasi mobile dengan hanya satu basis kode. Ini berarti Anda dapat menggunakan satu bahasa pemrograman dan satu basis kode untuk membuat dua aplikasi yang berbeda (untuk iOS dan Android).

Flutter terdiri dari dua bagian penting yaitu :

·  SDK (Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak): Kumpulan alat yang akan membantu Anda mengembangkan aplikasi Anda. Ini termasuk alat untuk mengkompilasi kode Anda ke dalam kode mesin asli (kode untuk iOS dan Android).

·     Framework (Library UI berbasis widget): Kumpulan elemen UI yang dapat digunakan kembali (tombol, input teks, slider, dan sebagainya) yang dapat Anda personalisasi untuk kebutuhan Anda sendiri.


Tidak hanya itu,
Flutter juga memiliki penyimpanan, antara lain :

·       Shared Preferences
Penyimpanan berbasis Key - Value. Biasa digunakan untuk penyimpanan data yang kecil seperti data pengaturan aplikasi atau penyimpanan state aplikasi. Mendukung tipe data int, double, bool, string, dan stringList. Tidak cocok untuk menyimpan data yang besar.

·       SQFLite
Merupakan plugin yang digunakan untuk penyimpanan/database di aplikasi Flutter. Support transaction dan batch. mendukung bahasa manipulasi database seperti insert/query/update/delete. Mendukung skrip migrasi. Dapat bekerja secara background. Sangat cocok digunakan untuk menyimpan data yang besar.


Flutter sendiri memiliki beberapa kelebihan, seperti mudah dipelajari, sekali coding bisa menghasilkan 2 platform sekaligus, tren sedang naik, dukungan Google dan komunitas dll. Dimana ada kelebihan, disitu pasti ada kekurangan. Yap, flutterpun memiliki kekurangan diantaranya, flutter ini sangat bergantung pada plugin, performa sangat bergantung pada bagaimana aplikasi dibuat, meskipun sudah stable, tetapi masih terdapat bug minor, feel yang didapatpun tidak seperti Native.

Nahhh gimana? Apakah semakin tertarik dengan flutter? Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai flutter dan lainnya, silakan hubungi kami di mail@suhu.co.id. 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami