Apa Itu Google Ads? Kenali Kelebihan, Jenis Sampai Panduan Penggunaannya!
Sering dengar istilah performance marketing?
Performance marketing merupakan istilah yang merujuk pada cara para marketer membayar suatu perusahaan atau platform untuk menjalankan iklan pemasaran. Nah, platform yang biasa digunakan dalam memasang iklan disebut Google Ads. Penasaran dengan Google Ads lebih dalam? Yuk, baca artikel sampai selesai!
Apa Itu Google Ads?
Google Ads, sebelumnya dikenal sebagai Google Adwords, adalah sistem periklanan online canggih yang diluncurkan oleh Google. Fungsinya tak lain adalah untuk membantu bisnis mempromosikan produk atau layanan mereka secara efektif di dunia maya. Para marketer menggunakan Google Ads untuk merancang, menjalankan, dan menampilkan iklan berbayar yang terkait dengan halaman web tertentu.
Dengan Google Ads, para marketer memiliki kendali penuh dalam merencanakan kampanye iklan mereka, memungkinkan mereka memasarkan produk atau layanan kepada audiens yang sesuai dengan target perusahaan mereka. Sistem ini memungkinkan pengendalian biaya iklan sesuai dengan anggaran masing-masing.
Melalui model pembayaran per klik, kampanye hanya dikenakan biaya jika audiens benar-benar mengklik iklan yang ditampilkan. Meskipun membuat akun Google Ads dan menghubungkannya ke situs web tidak memerlukan biaya awal, namun marketer akan dikenakan biaya saat kampanye iklan aktif dan bersaing dalam penawaran kata kunci yang sama.
Apa Saja Keunggulan dari Google Ads?
Berikut keunggulan Google Ads dibandingkan alat pengiklan lainnya!
1. Dapat menetapkan anggaran (budget) harian/mingguan/bulanan khusus untuk campaign iklan Google
2. Dapat menentukan karakteristik audience secara tepat dan spesifik sesuai dengan customer yang akan menggunakan produk atau layanan
3. Dapat menjangkau audiens lebih luas
4. Dapat mengaktifkan atau menonaktifkan iklan Google Ads kapan saja
5. Dapat menetapkan biaya untuk membayar per klik nya pada setiap keyword yang digunakan
6. Dapat meningkatkan brand awareness
7. Dapat meningkatkan conversion
8. Dapat memonitor dan mengukur campaign iklan yang dipasang
Jenis-Jenis Google Ads
1. Google Search Ads
Google Search Ads adalah iklan berbentuk teks yang ditampilkan pada halaman Google (SERP). Google Ads ini berfungsi untuk menampilkan iklan bisnis di bagian atas atau paling bawah search engine. Letak tampilan iklan bergantung pada harga tawaran yang ditetapkan. Semakin tinggi harga tawaran, semakin baik visibilitas yang didapatkan. Cara kerja Google Ads ini dengan menargetkan keyword yang paling sering dicari oleh user sehingga pengiklan dapat menjangkau user saat mereka menelusuri produk atau layanan yang ditawarkan.
2. Google Display Ads
Google Display Ads adalah iklan visual gambar yang ditampilkan di konten web page. Google memiliki jaringan website dari berbagai jenis industri yang disebut dengan Google Display Network. Nantinya, website yang menyediakan display ad campaign akan dibayar oleh pengiklan dengan metode pay-per-click (PPC). Menggunakan Google Display Ads iklan akan ditampilkan pada seluruh channel Google, seperti website, akun Gmail, dan lain-lain. Google Display Ads membantu pengiklan dalam memperkenalkan produk atau layanan bisnis kepada audiens audiens yang potensial untuk tertarik dengan produk Anda namun tidak melakukan aktivitas pencarian pada Google Search. Selain itu , menggunakan Google Display Ads dapat mendorong traffic situs, prospek bahkan hingga penjualan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dibandingkan hanya menggunakan iklan penelusuran.
3. Google Video Ads
Google Video Ads adalah iklan berbentuk video yang ditampilkan melalui YouTube. Saat audiens menonton beberapa video Youtube setelah mengetikkan keywords tertentu, biasanya user akan disuguhkan dengan iklan di awal sebelum video dimulai atau di tengah-tengah saat menonton. Meskipun video ads di-hosting di Youtube, iklan tersebut juga dapat muncul di seluruh website dan aplikasi yang berjalan di Google Video Partner, tergantung format iklan dan setelan penempatan iklan yang dipilih.
4. Google Shopping Ads
Google Shopping Ads merupakan iklan berbasis produk. Berbeda dengan hasil penelusuran Google Search Ads, Google Shopping Ads menampilkan gambar produk beserta judul produk, harga, nama toko, dan ulasannya. Pada dasarnya, Google Shopping Ads memberi informasi produk atau layanan yang penting kepada calon customer sebelum mengunjungi toko online. Iklan ini dapat dijalankan melalui Google Merchant Center. Pada Google Merchant Center, pengiklan akan memasukkan informasi produk secara spesifik lalu Google menggunakan informasi tersebut untuk membuat shopping ads. Jenis Google Ads ini paling baik digunakan untuk meningkatkan traffic ke e-commerce shop dan meningkatkan penjualan karena iklan dengan visual yang menarik biasanya akan mendapatkan revenue yang lebih baik lebih baik daripada iklan penelusuran biasa.
5. Google App Ads
Google App Ads adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan mobile apps melalui Google Play, YouTube, Google Search Network, Google Display Network, dan banyak lainnya. Iklan ini mendorong calon user untuk menginstall aplikasi sampai user aktif menjalankan aplikasi tersebut. Jenis Google Ads satu ini cukup berbeda dari yang lainnya. Anda tidak perlu membuat iklan individual untuk kampanye sebuah aplikasi karena iklan akan dibuat secara otomatis untuk aplikasi tersebut. Anda hanya perlu memasukan beberapa copy text, starting bid atau penawaran awal, anggaran, bahasa, dan lokasi untuk iklan tersebut.
Bagaimana Google Ads Bekerja?
Google Ads beroperasi pada auction system (sistem lelang). Google memasukkan keyword dari akun Google Ads yang dianggap paling relevan ke dalam auction dengan tawaran maksimum yang pengiklan tetapkan. Saat user mengetikkan keyword di Google, untuk mencari barang atau layanan yang mereka butuhkan, Google secara langsung melakukan pencarian terhadap keyword yang relevan. Jika Google menemukan satu keyword yang digunakan oleh lebih dari satu pengiklan relevan dengan keyword dari user maka iklan akan dimunculkan pada laman hasil penelusuran secara otomatis di baris teratas. Peringkat iklan pada laman hasil penelusuran merupakan kunci untuk mendapatkan lebih banyak klik dari user.
Lalu, Bagaimana Cara Pasang Iklan di Google Ads?
1. Buka browser dan akses situs Google Ads dengan sign in menggunakan akun Google yang digunakan untuk kepentingan bisnis
2. Klik menu 'Get Started' atau 'Mulai Sekarang' dan tentukan tujuan beriklan
3. Pilih jenis campaign iklan
4. Pilih lokasi penayangan iklan
5. Isi radius jangkauan konsumen yang ditargetkan
6. Tentukan keywords atau kata kunci pencarian produk atau jasa
7. Isi lima kolom yang meliputi headline dan deskripsi iklan
8. Masukkan nomor ponsel yang akan ditampilkan di iklan Google, sehingga calon konsumen akan menghubungi nomor yang tertera
9. Tentukan budget iklan
10. Selesaikan transaksi pembayaran
Kesimpulan
Sebagai alat pengiklan terbesar di dunia, Google menyediakan berbagai pilihan fitur pemunculan iklan di seluruh platformnya. Otomatisasi sistem pembayaran tentunya menambah kemudahan para marketer untuk mengiklankan produk atau layanan bisnisnya. Jadi, menggunakan Google Ads sebagai media iklan adalah pilihan tepat bagi kamu yang baru saja memulai iklan secara digital.