Berita Kami

22 October 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Apa Itu Internet of Thing (IoT)? Apa Manfaatnya?

Apa Itu Internet of Thing (IoT)? Apa Manfaatnya?

Di era 4.0, Internet of Thing (IoT) menjadi topik pembicaraan yang hangat diperbincangkan. Tidak heran, hal ini terjadi karena disadari atau tidak IoT cukup mempengaruhi gaya hidup sehari-hari dan juga bagaimana kita bekerja.

 

Lalu, sebenarnya apa itu Internet of Things (IoT)? 

 

Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep di mana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa perlu interaksi antara manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Lebih lanjut, IoT sudah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS) dan internet.

 

Mungkin sebagian dari Anda selama ini bertanya-tanya, apa sih “A Things” yang dimaksud dalam Internet of Things?

 

Nah, “A Things” yang terdapat pada Internet of Things itu dapat diartikan sebagai subjek. Contohnya monitor implant jantung, hewan peternakan dengan transponder biochip, mobil yang dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah.

 

IoT paling erat hubungannya dengan komunikasi machine-to-machine (M2M) di bidang manufaktur dan listrik, perminyakkan, dan gas. Produk dibangun dengan kemampuan komunikasi M2M yang sering disebut dengan sistem cerdas atau “smart”. Sebagai contoh yaitu smart kabel, smart meter, smart grid sensor.

 

Tak hanya itu, subjek atau device juga bisa dalam bentuk peralatan rumah tangga yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Seluruh device yang berbeda mampu dihubungi oleh Internet of Things dengan cara menambahkan sensor dan kecerdasan digital. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi secara real time tanpa harus ada campur tangan manusia. 

 

Lalu, kenapa Internet of Things penting? 

Internet of Things (IoT) penting karena banyak industri yang mampu memberikan insight dalam bentuk data yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi sebuah perusahaan berbagai industri. 

 

Industri apa saja yang menggunakan Internet of Things (IoT)?

1. Manufaktur 

2. Otomotif

3. Retail

4. Sektor publik 

 

Jika Anda ingin memperdalam ilmu mengenai IoT atau skill IT lainnya, bisa juga untuk mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id untuk nmengetahui informasi lengkapnya. 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami