Berita Kami

10 November 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Ini Cara Memilih Hosting yang Tepat Untuk Website Anda

Ini Cara Memilih Hosting yang Tepat Untuk Website Anda

Tahukah Anda, kalau website-website yang sering Anda lihat di internet itu ada ‘rumah’nya? Ya, website-website yang biasa Anda lihat itu berada dalam suatu rumah yang disebut dengan hosting.

Apa itu Hosting?
Hosting adalah sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna dan ditampilkan melalui via internet. File-file website yang tersimpan di dalam hosting biasanya berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data).

Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang tersedia. Tentuny masing-masing penyedia memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Banyak penyedia layanan hosting membuat Anda harus cermat memilih sebelum akhirnya membeli dan menggunakan hosting tersebut sebagai ‘rumah’ website Anda.

Nah, berikut ini adalah tips cara memilih yang bisa Anda aplikasikan saat mau membeli hosting.

1. Perhatikan Performa Server
Perhatikan lokasi dan spesifikasi server. Pemilihan lokasi server bisa ditentukan dengan pertimbangan lokasi pembaca website Anda yang Anda targetkan. Kalau Anda ingin membuat website dengan calon pelanggan dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website Anda juga berada di Indonesia.

Spesifikasi server yang sebaiknya Anda perlu perhatikan antara lain kecepatan prosesor, jenis prosesor, teknologi server, kapasitas RAM, harddisk, kecepatan jaringan.

2. Pastikan Customer Support Berkualitas Siap 24 Jam
Agar Anda dapat memantau website Anda kapanpun dimanapun, tentu Anda perlu hosting dengan layanan customer support yang siap sedia 24 jam. Pastikan juga layanan customer support 24 jam tersebut juga mampu menyelesaikan setiap masalah Anda dengan baik.

Selain itu, keramahan dan sopan santun dari customer support tersebut juga perlu Anda perhitungkan. Fitur-fitur seperti email, live chat, dan juga telepon juga perlu untuk diperhitungkan. Apakah mereka responsif dan solutif atau tidak.

3. Harga Terjangkau dan Unlimited
Ketika sudah menemukan web hosting dengan layanan yang berkualitas, jangan lupa untuk pastikan juga kalau web hosting yang akan Anda beli adalah web hosting dengan harga terbaik. Paling tidak dengan harga yang Anda bayarkan, Anda mendapatkan kualitas web hosting yang sesuai.

4. Fitur Tambahan
Ada banyak fitur tambahan yang disediakan oleh penyedia web hosting. Fitur tambahan yang perlu Anda perhatikan tentunya yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan seperti SpamAssassin Protection dan SpamExperts yang berguna untuk membantu Anda mengatasi spam pada website dengan lebih mudah.

5. Review Customer
Saat mau memutuskan ingin menggunakan web hosting yang mana, pertimbangkan juga soal review customer dari penyedia hosting tersebut. Anda bisa mencarinya lewat blog, forum, dll. Dari sana Anda akan dapat mengetahui rating dan ulasan mengenai penyedia hosting yang hendak Anda beli. Sekadar sara bacalah ulasan dari blog dan forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih objektif.

6. Garansi Uang Kembali
Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, si penyedia layanan di sini menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam mengenai IT, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Kontak kami di mail@suhu.co.id atau stay tuned terus di instagram kami di www.instagram.com/katasuhukita

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami