Berita Kami

3 January 2022 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Mengenal Apa Itu System Analysis and Design

Mengenal Apa Itu System Analysis and Design

Apa itu system analyst and design?

System analyst and design adalah proses yang digunakan di dalam pengembangan sistem informasi. Di dalam proses tersebut terdapat aktivitas-aktivitas yang meliputi identifikasi masalah dalam bisnis dan solusi yang diajukan dalam format sistem informasi terhadap satu atau lebih masalah yang teridentifikasi dan desain. Selain itu, solusi yang diajukan juga diimplementasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Biasanya, orang berpikir bahwa analisis dan desain sistem adalah menulis program komputer. Aktivitas seperti ini sebenarnya akan dijumpai di dalam dunia sistem analis, namun demikian domain yang sesungguhnya adalah jauh lebih bervariasi. Hal yang terpenting di dalam dunia nyata adalah bahwa solusi besar yang diajukan merupakan solusi berbasis komputer (computer-based solution).

Nah, System Analyst and Design (SAD) hadir sebagai alat untuk mendesain sistem informasi yang dimaksudkan untuk memecahkan masalah organisasi yang teridentifikasi.

Beberapa macam masalah yang dihadapi oleh seorang sistem analis

Contoh dari beberapa macam masalah yang dihadapi oleh seorang sistem analis di dalam dunia nyata adalah:

1. Sebuah perusahaan ingin menyediakan kesempatan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan suatu produk pada waktu kapan saja, baik siang maupun malam dan dari tempat mana saja.

Bagaimana tujuan ini dapat dicapai dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan penjualan?

2. Sebuah perusahaan ingin memerlukan informasi untuk mengetahui lokasi yang tepat dari setiap aset transportasinya, baik yang bergerak maupun tidak.

Bagaimana tujuan ini dapat dicapai? Tidak hanya menentukan lokasi asetnya saja tetapi juga ingin agar dapat mengintruksikan kepada operator untuk berpindah ke lokasi yang baru.

3. Apa yang terjadi jika suatu departemen produksi dari suatu pabrik mempunyai tempat yang terbatas pada shop floor-nya? Perlu untuk secara hati-hati dan akurat mengkombinasikannya dengan rencana produksi.

Tiga poin di atas adalah contoh dari berbagai tipe masalah yang  akan  dijumpai  oleh sistem analis yang memerlukan pendekatan formal dari SAD. Perhatikan bahwa beberapa  masalah  akan  memerlukan  beberapa  format  program  komputer. Tapi tidak ada satupun dapat  diklasifikasikan  sebagai masalah pemrograman.

Selain itu, banyak masalah bisnis kompleks yang memerlukan  proses  yang  lebih  luas  dan  bervariasi,  kontrol  yang  ketat,  guna     mencapai     tujuan     bisnisnya.     Sistem     informasi     didesain     dan     diimplementasikan  untuk  memecahkan  masalah  bisnis,  dan  seorang  analis menggunakan  metoda  SAD  dan  tool  untuk  menentukan  serta  mengoperasikan  solusi  tersebut.  SAD  bukan  tentang  komputer  semata,  ia  tentang  masalah  dan  solusinya,   dan   seorang   system analis   modern   tidaklah   melulu   seorang profesional komputer.

Dua aktivitas dalam system analyst and design

Analis dan desain sistem berimplikasi pada setidak-tidaknya pada dua aktivitas yang berbeda.

Pertama, aktivitas analisis, utamanya fokus untuk menentukan asal  dan  domain  dari  masalah  bisnis  dan  karakteristik  dari  suatu  solusi  yang tepat. Jadi  disini  analis  lebih  memperhatikan  pada  isu-isu  seperti  identifikasi masalah,   alternatif   solusi,   solusi   yang   diperlukan   dan   tujuan   organisasi,   diantara   satu   dengan   lainnya.   Singkatnya   analisis   akan   fokus   pada   dua   pertanyaan  dasar:
1. Apa  masalahnya?
2. Apa  solusi  yang  terbaik  untuk memecahkannya?

Kedua,  aktivitas  desain,  fokus  pada  pertanyaan  tunggal:
Bagaimana   kita   dapat   mentransformasikan   solusi   kedalam   suatu   sistem   informasi yang dapat dipergunakan?

Banyak  hal  yang  berpengaruh  di  dalam  proses  pengembangan  sistem  informasi  yang  akan  dipergunakan  untuk  menyelesaikan  masalah  bisnis  yang  terjadi  didalam  suatu  perusahaan.  Waktu  merupakan  salah  satu  faktor  yang  krusial.  Padahal    seringkali    proses    tersebut    menghasilkan    lebih    banyak    waktu    dibandingkan   dengan   rencana   awal.

Faktor   penyebab   keterlambatan   ini   merupakan  hal  yang  sangat  menarik  untuk  dikaji.  Dengan  memperpendek waktu  pengembangan  software,  berarti  time-to-market  akan  lebih  cepat  dan  efeknya  adalah  keadaan  keuangan  perusahaan  lebih  baik.  Sekarang  yang  menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendesain dan membuat software yang  tepat  waktu.

Untuk  itu  patut  dipertanyakan  penetapan  estimasi  waktu  pegembangan  software.  Apakah  sudah  menggunakan  waktu  yang  benar?  Kalau  tidak,   artinya   estimasi   tersebut   tidaklah   tepat,   sehingga   pengembangan   software  yang  tepat  waktu  akan  sulit  untuk  dicapai.

Faktor  lainnya  adalah  pengumpulan kebutuhan user (user requirement). Tidak jarang terjadi, bahwa saat  software  diserahkan  kepada  user,  banyak  perubahan-perubahan  yang  masih  perlu  dilakukan.  Alhasil,  pengembang  software  seringkali  melakukan  kerja ulang (rework).

Sering   dijumpai   bahwa   pengembang   software   tidak   mengikuti   system development  life  cycle  (SDLC)  yang  sesuai  dengan  proyek  yang  dikerjakan.  Pemilihan   SDLC   yang   tepat   adalah   salah   satu   cara   agar   proyek   dapat   diselesaikan secara tepat waktu. Berikut ini adalah hasil survey yang disajikan oleh Steve McConnel dalam bukunya Code Complete. Dari tabel 1 tersebut jelas bahwa  di  proyek  pengembangan  software  berskala  kecil,  waktu  paling  banyak  digunakan  untuk  kegiatan  coding.  Sedangkan  di  proyek  skala  besar,  kegiatan  desain paling banyak memakan waktu.

Itulah penjelasan mengenai system analysis and design. Jika Anda berminat untuk mengasah wawasan dan skill IT Anda, silakan mengikuti pelatihan IT bersama SUHU :
- Pelatihan dan Sertifikasi Skema "Certified System Analyst" : https://suhu.co.id/pelatihan/pelatihan_dan_sertifikasi_system_analyst
Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami