Berita Kami

26 March 2020 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Mengenal Apa itu Web Security & Teknologi berbasis Web

Mengenal Apa itu Web Security & Teknologi berbasis Web

Web Security adalah keamanan teknologi berbasis web dengan assessment berbasis tren celah dan serangan yang terjadi serta bagaimana cara mempertahankan atau membuat teknologi berbasis web agar terhindar dari jenis serangan-serangan tersebut. 

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir teknologi web telah berkembang pesat dan banyak di gunakan bukan hanya sebagai personal page seperti pada awal kemunculan-nya.

Sedangkan teknologi web atau teknologi bebasis web adalah teknologi yang dapat diakses melalui web atau browser dengan output html (hyper text markup language).

Bahkan saat ini teknologi web umum sering di temukan pada kehidupan sehari-hari diantaranya dalam bidang, yaitu: 
1. Perbankan
2. Government
3. Social Media
4. Pendidikan, dll.

Tren serangan pada web yang ada pada saat ini adalah OWASP. OWASP sendiri adalah singkatan dari Open Web Application Security Project. OWASP adalah organisasi non profit yang mempunyai fokus pada kerentanan keamanan yang paling sering ditemui, sehingga OWASP dijadikan sebagai tolak ukur tren serangan yang terjadi pada teknologi berbasis web. 

Adapun tools yang dapat digunakan untuk mengatasi serangan-serangan tersebut antara lain :
1. Internet browser yang pada saat ini telah mempunyai fitur yang baik untuk melakukan assesment melalui tools yang tersedia by default seperti view-source dan inspect elemen
2. Burp suite untuk melakukan analisa traffic dari teknologi web
3. Postman
4. Tools automatisasi lainnya untuk assessment sql/rfi/xss

Selain web security dan teknologi berbasis web, sebenarnya masih ada banyak hal yang berhubungan dengan informasi teknologi. Jika Anda ingin lebih dalam mempelajari banyak istilah dalam dunia IT sekaligus melatih skillnya, jangan ragu untuk mengikuti atau mengadakan pelatihan atau training IT di lingkungan Anda. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id. 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami