Berita Kami

8 April 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Mengenal Golang dan Kelebihannya

Mengenal Golang dan Kelebihannya

Go atau Go language (Golang) adalah bahasa pemrograman open source yang biasa dipakai untuk aplikasi di sisi server, pengembangan aplikasi web, bahkan untuk command line interafaces. Go juga merupakan salah satu produk dari Google. Banyak kelebihannya yang bisa kita manfaatkan, salah satunya ialah Goroutine.

Kamu bisa menggunakan Golang untuk membuat berbagai program, seperti website, aplikasi, dan lain sebagainya. Setiap bahasa pemrograman punya keunggulan masing-masing. Nah, kelebihan Golang ini yaitu: 

- Meningkatkan performa dan menarik lebih banyak pengunjung aplikasi
- Membuat aplikasi dalam waktu singkat dan biaya yang rendah
- Developer tidak perlu terlalu khawatir aplikasi akan crash
- Memberi tahu jika ada pengetikan yang salah selama proses kompilasi
- Penulisan lebih terstruktur
- Memiliki garbage collector

Mengapa Go diciptakan?

Google pada tahun 2008 sedang mencari bahasa pemrograman yang bagus dimana mencakup 4 hal penting yaitu kecepatan/efisiensi, keandalan, skala, dan kesederhanaan. Lalu mereka memiliki ide untuk membuat suatu bahasa yang mencakup 4 hal itu, dengan bantuan Ken Thompson, Robert Griesemer dan Rob Pike. Mereka menciptakan bahasa Go yang bisa memberikan pengalaman menulis yang mudah dipahami seperti Python atau JavaScript.

Kenapa menggunakan Go?

Kebetulan saya senang sekali dengan bahasa pemrograman Go. Jadi, saya terbiasa membuat sesuatu atau projek di level medium menggunakan bahasa pemrograman Go. Saya menggunakan Go di sini tujuanya untuk memudahkan saya dalam mengelola data yang sudah ada di Firebase. Data yang dikelola di sini lebih tepatnya sesuai dengan kebutuhan kita.

Jika Anda beminat ingin mempelajari skill IT secara lebih mendalam, bisa ikut pelatihan IT bersama SUHU. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id 

Referensi :
https://suhu.co.id/kata-suhu/golang-firebase-realtime-database
https://medium.com/developer-student-club-universitas-brawijaya/pengenalan-bahasa-pemrograman-go-golang-7af58e1f3932

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami