Berita Kami

30 May 2019 - Kategori: Experiential Learning - Oleh: SUHU

Outing Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan

Outing Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan

   Experiential Learning adalah proses belajar melalui pengalaman, dan lebih khusus didefinisikan sebagai "belajar melalui refleksi pada melakukan". Proses pembelajaran ini memungkinkan peserta mengaktifkan seluruh aspek diri secara total, berinteraksi dan lebur sepenuhnya dalam proses pembelajaran. Ada Berbagai macam contoh experiential learning seperti outbond, outing , gathering dll.

   Kali ini kami akan menceritakan tentang Outing dari Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) yang bertolak dari Kota Yogyakarta menuju Kota Batu. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 8 Februari 2019. Peserta berangkat setelah sholat maghrib dari Jogja menggunakan mini bus dan sampai di kota tujuan pukul 01.00 WIB. Para peserta menginap di Delobby Hotel Batu selama 2 malam. Disana mereka berkunjung ke tempat wisata yang sangat terkenal di kota Batu yaitu Kusuma Agrowisata. Disana peserta mendapat pengetahuan tentang budidaya apel dan merekapun dapat menikmati makan apel langsung dari pohonnya. Tak lupa juga peserta berfoto bersama menikmati kebersamaan dengan satu dan lainnya.

   Malam harinya, peserta mengunjungi Batu Night Spektakuler. Disana peserta mecoba berbagai macam wahana permainan yang seru dan menantang. Keesokan harinya peserta menuju Museum Angkut yang sangat hits di sosial media. Di museum yang memeiliki luas sekira 3,8 hektar ini peserta dimanjakan dengan beragam koleksi sarana transportasi yang lengkap dari seluruh dunia.Sebagian koleksi di museum ini bahkan berupa mobil dan motor yang sangat langka. Museum ini menjadi salah satu objek wisata pertama di Indonesia dan bahkan Asia yang mempunyai koleksi lebih dari 300 unit mobil antik, kuno dan modern, baik yang sudah dijalankan dengan mesin dan yang belum memiliki mesin. Tidak hanya bisa melihat koleksi berbagai alat transportasi dari seluruh dunia, namun peserta juga dapat melihat berbagai replika bangunan landmark yang khas dari berbagai negara yang menjadi latar belakang dari display kendaraan yang diproduksi suatu negara tersebut. Setelah puas berkeliling di Museum Angkut, peserta berkunjung ke Jatim Park 3 dan tak lupa juga untuk berbelanja oleh-oleh khas kota Batu dan buah apel segar.

   Acara ini diadakan selama 2 malam 3 hari, seluruh team merasakan keseruan dan pengalaman yang menyenangkan dan tentunya mendapatkan ilmu pembelajaran baru. Mempererat rasa kekeluargaan dan meningkatkan kerjasama dari masing-masing peserta, sehingga dapat meningkatkan kinerja setelah kembalinya dari mengikuti acara ini.

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami