Berita Kami

13 June 2024 - Kategori: Umum - Oleh: SUHU

Pelatihan Data Visualization using Power BI - PLN UID Kalselteng

Pelatihan Data Visualization using Power BI - PLN UID Kalselteng


PLN UID Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) telah mengikuti mengadakan pelatihan Data Visualization menggunakan Power BI pada tanggal 5 dan 6 Juni 2024 di SMEDI Coliving & Coffee by SUHU. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN UID Kalselteng dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, terutama dalam mengolah dan menganalisis data.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat visualisasi data yang informatif dan mudah dipahami dengan menggunakan Power BI. Visualisasi data yang baik dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat dan strategis. Power BI sendiri adalah alat bantu visualisasi data yang memungkinkan pengguna untuk membuat grafik, bagan, dan dashboard yang informatif dan mudah dipahami.

Dalam pelatihan yang terselenggara selama 3 hari ini, para peserta diajari tentang berbagai jenis chart, seperti bar chart, line chart, pie chart, dan scatter chart beserta penggunaan chart yang tepat untuk setiap jenis data. Selain itu, para peserta diajari tentang konsep eye tracking dan bagaimana menerapkannya dalam pembuatan visualisasi data.

Pelatihan ini juga membahas tentang proses ETL (Extract, Transform, Load), yaitu proses yang digunakan untuk membersihkan, memformat, dan memuat data ke dalam Power BI. dalam hal ini, peserta diajari tentang langkah-langkah dalam proses ETL dan bagaimana menggunakan alat bantu ETL untuk mempermudah proses ini.
Terakhir, pelatihan ini membahas tentang desain dashboard yang mencakup prinsip-prinsip desain dashboard yang efektif dan bagaimana menerapkannya dalam pembuatan dashboard Power BI.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan kemampuan analisis data.  Saya sendiri belajar banyak tentang bagaimana cara membuat visualisasi data yang menarik, informatif, serta mudah dipahami sehingga dapat membantu dalam pekerjaan saya nantinya,” ujar salah satu peserta pelatihan, Ahmad Ridhani.


Power BI dirancang agar penggunanya bisa mendapatkan wawasan berbasis data, mengingat data sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis atau usaha. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan para peserta mampu membuat visualisasi data yang informatif dan mudah dipahami dari data yang diberikan sekaligus mampu menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh untuk menyelesaikan masalah-masalah lain yang terkait dengan data.

Apabila Anda ingin menambah dan meningkatkan pengetahuan dan skill Anda dalam analisis dan olah data dengan menggunakan Power BI, silahkan daftar dan ikuti pelatihan dari kami:

Data Visualization using Power BI

Silahkan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami dengan klik link berikut: https://bit.ly/kontaksuhu.

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami