Berita Kami

5 September 2019 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan Pengamanan Sistem Informasi Pemerintah Daerah Diskominfo Oku Timur

Pelatihan Pengamanan Sistem Informasi Pemerintah Daerah Diskominfo Oku Timur

 Pada tanggal 26-29 Agustus 2019, Suhu bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Oku Timur untuk menyelenggarakan Pelatihan Pengamanan Sistem Informasi Pemerintah Daerah. Pelatihan ini dilaksanakan di Yogyakarta dan diikuti oleh 6 peserta yang berasal dari Diskominfo Kabupaten Oku Timur.

 Pelatihan ini mempelajari tentang berbagai konsep dasar keamanan sistem informasi. Cakupan pelatihan dimulai dari keamanan di sisi infrastruktur dan jaringan serta konsep keamanan di sisi aplikasi. Selain itu, peserta juga akan mempelajari berbagai ancaman apa saja yang bisa timbul dari masing-masing sisi dan bagaimana cara untuk bertahan terhadap ancaman tersebut serta menangkalnya, melakukan identifikasi kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem informasi yang digunakan, yaitu dengan cara melakukan analisa dan penetration testing terhadap sistem tersebut melalui berbagai tehnik penyerangan seperti yang dilakukan oleh seorang hacker.

Adapun materi yang disampaikan dalam peatihan ini antara lain :
1.Network Concept & Vulnerabilities
2.Application & Vulnerabilities
3.Database & Vulnerabilities
4.Hacking & Countermeasures
5.Security Tools
6.Designing Secure Network Topology

 Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Peserta juga banyak mengajukan pertanyaan terkait materi tersebut maupun studi kasus yang ada di Diskominfo Kabupaten Oku Timur. Acarapun berjalan lancar sampai hari ke-4 / hari terakhir pelatihan. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini peserta dapat menerapkannya pada pekerjaan mereka atau dimanapun mereka berada yang berkaitan dengan Pengamanan Sistem Informasi.

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami