Berita Kami

12 August 2019 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

  Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala sekolah  menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi kewirausahaan dari  lima dimensi kompetensi minimal yang harus dikuasai guna menunjang keprofesianya dalam melaksanakan tugasnya. Salah satu peran kepala sekolah dalam  meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dibutuhkan kepala sekolah yang mampu mewujudkan kualitas siswa yang  kreatif, inovatif, berpikir kritis, dan berjiwa wirausaha (entrepreneurship). Dan yang tidak kalah penting adalah kepala sekolah dapat mempengaruhi, menggerakkan, memberdayakan, mengembangkan dan  membimbing, menjadi contoh guru dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

  Dalam kesempatan kali ini suhu diberi kepercayaan oleh BKD DIY untuk menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bagi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogayakarta. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 35 orang dan dilaksanakan selama 3 hari.

  Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan materi - materi baik softskill dan hardskill yang mengacu kepada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah yang harus dipenuhi. Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengaktualisasikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai Kepala Sekolah di daerah bertugas masing – masing. Selain itu juga dapat meningkatkan kompetensi Kepala sekolah di bidang Enterpreurship dan profesionalisme kepala sekolah yang berdampak pada peningkatan kinerja Guru dan pengelolaan Sekolah.

  Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan ini antara lain : Leadership & Management, Communication Skill, Achievement motivation training, Kebijakan Pendidikan Pemerintah atau Pemerintah Daerah, Pengelolaan Tugas Pokok dan Etika Kepala Sekolah, Konsep dan latihan Kewirausahaan, Konsep dan latihan Inovasi, Konsep dan latihan Bekerja Keras, Kreativitas Mencari Solusi Terbaik dan Evaluasi Naluri Kewirausahaan.

  Acara pelatihan ini berjalan dengan lancar, pesertapun sangat berantusias mengikuti pelatihan dan berharap dapat mengimplementasikannya disekolah masing-masing.

 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami