Berita Kami

12 August 2019 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengawas

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengawas

  Pada tanggal 23-25 Juli 2019, Suhu dipercaya kembali oleh BKD DIY untuk menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bagi Pengawas SMA/SMK/SLB di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 35 peserta.

  Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah, diamanatkan bahwa seorang pengawas sekolah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Supervisi Manajerial, Kompetensi Supervisi Akademik, Kompetensi Evaluasi Pendidikan, Kompetensi Penelitian Pengembangan dan Kompetensi Sosial. Oleh karena itu perlu adanya program penguatan / penguatan kepada tenaga pengawas sekolah sebagai modal pemenuhan kompetensi yang tersebut diatas melalui kegiatan pelatihan / pembelajaran.

  Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan materi - materi baik softskill dan hardskill mengacu kepada Kompetensi tenaga pengawas yang harus dipenuhi. Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengaktualisasikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai Tenaga Pengawas di daerah bertugas masing – masing.

  Tujuan Program pelatihan Penguatan Kompetensi Tenaga Pengawas ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas profesinya, antara lain Memiliki kompetensi di bidang leadership dan managerial, Memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas, Memiliki kemampuas komunikasi yang baik untuk membantu tugasnya dalam pengawasan sekolah, Meningkatkan kompetensi dalam supervisi akademik, Meningkatkan kompetensi dalam evaluasi pendidikan, Meningkatkan kompetensi dalam Penelitian Pengembangan dan Kompetensi Sosial.

  Sedangkan untuk materi pelatihan yang disampaikan dalam pelatihan ini cukup banyak antara lain Leadership & Management, Communication Skill, Achievement motivation training, Kebijakan Pendidikan Pemerintah atau Pemerintah Daerah , Pengelolaan Tugas Pokok dan Etika Pengawas Sekolah , Pengelolaan Supervisi Manajerial , Pengelolaan Supervisi Akademik, Pengembangan Profesi, Penyempurnaan Program Pengawasan dan Program Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru dan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Program Knowing Your Employee dan terakhir adalah Evaluasi Pelatihan.

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami