Berita Kami

23 April 2019 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan Penulisan Naskah Audio Pembelajaran untuk para Guru di Yogyakarta

Pelatihan Penulisan Naskah Audio Pembelajaran untuk para Guru di Yogyakarta

Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta telah memberikan kepercayaan kepada SUHU untuk mengadakan Pelatihan Penulisan Naskah Audio Pembelajaran selama 3 hari pada tanggal 10-12 April 2019. Pelatihan ini diikuti oleh 48 orang peserta yang terdiri dari para guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ada di Yogyakarta.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali oleh instruktur yang berkompeten di bidangnya antara lain : Ibu Maria Kadarsih, S.Pd, Ibu Sri Wahyuni, S.Sos, M.Pd, Bapak Drs. Subagya, M. Si, dan Bapak Ade Kusnandar, M.Pd. Beliau-beliau inilah yang telah mempunyai pengalaman di dalam Penulisan Naskah Audio Pembelajaran, terutama di Yogyakarta.

Mungkin disini ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu Media Audio. Media audio adalah sebuah media yang hanya mengandalkan bunyi dan suara untuk menyampaikan informasi dan pesan. Program audio dapat menjadi indah dan menarik karena program ini dapat menimbulkan daya fantasi pada pendengarnya. Naskah audio merupakan bentuk penyajian materi intruksional suara serta sebagai penuntun dalam memproduksi program media. Dalam artian naskah tersebut menjadi penuntun kita dalam merekam suara.

Pengembangan program media audio untuk pendidikan menuntut dihasilkannya program media audio pendidikan dengan berbagai model dan format yang bertujuan agar peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman baru tentang naskah dan rancangan isi program media pembelajaran atau program media audio.

Dalam pelatihan ini, kami juga mengundang anak-anak tunanetra dari SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta yang mengapresiasikan potensi mereka dalam bernyanyi dan membaca puisi. Karena di dalam pelatihan ini para peserta juga mendapatkan materi pembahasan mengenai karakteristik anak tunanetra, yang dimana anak-anak tunanetra ini dalam beraktivitas lebih banyak menggunakan indra pendengaran. Sehingga para  peserta bisa memahami lebih dalam bahwa dengan naskah audio yang baik dan benar akan memberikan informasi yang sangat penting bagi si pendengar.

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami