Berita Kami

19 March 2020 - Kategori: Terupdate - Oleh: SUHU

Pelatihan Tata Kelola Sistem Informasi PEMDA

Pelatihan Tata Kelola Sistem Informasi PEMDA

      Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 10 - 12 Maret 2020, Diskominfo Kalimantan selatan mengikuti Pelatihan Tata Kelola Sistem Informasi PEMDA yang diadakan oleh SUHU di Yogyakarta. Pelatihan ini memberikan panduan umum mengenai penerapan tata kelola yang baik dan benar (Good Governance) untuk implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi instansi pemerintah daerah. Materi pelatihan berbasis good practice ini adalah berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 41 tahun 2007 tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional.
      Berdasarkan panduan ini, para peserta akan memahami berbagai prinsip dasar serta model, struktur, dan peran untuk Tata Kelola TIK. Para peserta juga akan memahami penerapan berbagai proses dalam Tata Kelola TIK mulai dari proses penyusunan kebijakan, perencanaan, penganggaran, realisasi, pengoperasian, pemeliharaan, serta pemantauan dan evaluasi agar penerapan TIK bias selaras dengan kebutuhan dan tujuan instansi pemerintah daerah.
        Adapun materi-materi yang diajarkan antara lain : Konsep Tata Kelola TIK, Kebijakan Umum TIK, Perencanaan Sistem TIK, Penganggaran/Investasi TIK, Realisasi Sistem, Pengoperasian Sistem TIK, Pemeliharaan Sistem TIK, Monitoring dan Evaluasi TIK.

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami