Berita Kami

29 September 2020 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan WebGis (Geographic Information System) Diskominfo Kab.Boyolali

Pelatihan WebGis (Geographic Information System) Diskominfo Kab.Boyolali

Pada tanggal 14-16 September 2020 SUHU dipercaya oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Boyolali untuk menyelanggarakan Pelatihan WebGis (Geographic Information System). Hal ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan peningkatan kapabilitas SDM di lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Boyolali.

Webgis sendiri merupakan aplikasi GIS atau pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks, peta digital serta menjalankan fungsi-fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui jaringan internet. Selain itu, WebGis juga merupakan suatu sistem yang mengandung sebagian atau bahkan hampir semua fungsi yang ada dalam perisian GIS konvensional, serta fungsi tambahan lain yang menggunakan internet sebagai perantara dan data terbaru bisa didapatkan karena ada interaksi dengan banyak orang.

Pelatihan WebGis ini berlangsung selama 3 hari di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Boyolali. Pelatihan ini dimulai dari pukul 08.00 s.d. pukul 16.00, dan materi yang disampaikanpun sangat kompleks, mulai dari MS4W, PMAPPER, Notepad++, MapServer, Openlayers, ArcGIS, PHP script postgreSQL, PostGIS, dan masih banyak lagi.

Peserta sangat antusias dan puas dalam mengikuti pelatihan ini. Banyak manfaat yang bisa didapat oleh peserta. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta "Dengan mengikuti pelatihan WebGis ini saya mengetahui pentingnya sistem informasi Geospasial di lingkungan pemerintahan" ungkap Heriyanto.

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami