Berita Kami

24 November 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Peluang Karir UI/UX Designer

Peluang Karir UI/UX Designer

Peluang karir seorang UI/UX Designer kini semakin dicari-cari para jobseeker. Salah satu hal yang melatarbelakanginya adalah banyaknya perusahaan-perusahaan start up berbasis teknologi yang muncul dan berkembang di beberapa tahun terakhir. Di tambah lagi pandemi membuat profesi-profesi digital yang bisa dikerjakan secara remote seperti UI/UX Designer semakin diminati.

Sebenarnya apa itu UI/UX Designer? 

UI Designer adalah seseorang yang bertugas membuat tampilan antarmuka yang mudah digunakan dan menyenangkan pengguna.

UX Designer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat aplikasi atau situs menjadi terkesan keren, bagus, simple, dan mudah digunakan oleh pengguna. Perasaan pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan interface jadi fokus utamanya.

Kedua profesi tersebut, baik UI atau UX Designer dianggap penting untuk sebuah bisnis yang memiliki produk aplikasi maupun website.

Peluang kerja sebagai UI UX Designer terus berkembang hingga menjadi prospek karier yang wajib kamu pertimbangkan.

Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan tenaga kerja berbasis UI dan UX dengan kompetensi yang mumpuni agar terus unggul dalam aspek pengguna dan teknologi.

Tak terbatas hanya di Indonesia saja, tapi peluang karir UI/UX Designer juga bisa menjangkau hingga ke seluruh dunia. Hal tersebut ditunjukkan melalui munculnya lebih dari 38.000 lowongan UI/UX Designer melalui kolom pencarian LinkedIn dari seluruh dunia.

Apa saja peran UI/UX Designer? 

UI Designer bertanggung jawab untuk menyusun dan mengatur elemen software dari user interface, terutama sebagai program yang akan dilihat dan berinteraksi langsung dengan pengguna.

UX Designer bertanggungjawab merancang dan membuat gambar rangka produk, mengembangkan dan menguji prototype, hingga melakukan pengujian produk.

Bagaimana prospeknya?

Pendapatan yang akan diperoleh seorang UI/UX Designer dapat dikatakan cukup besar. Seorang UI Designer yang berkarier di Indonesia mampu memperoleh rata-rata pendapatan hingga Rp93.000.000,00 setiap tahun (Payscale, 2021). Sedangkan seorang UX Designer juga tidak kalah menggiurkan. Sebagai seorang UX Designer,  rata-rata gaji yang akan diterima bisa mencapai Rp106.000.000,00 (Payscale, 2021) setiap tahunnya.

Tertarik menjadi UI/UX Designer? Pelajari skillnya bersama SUHU. Silakan kontak kami di mail@suhu.co.id untuk informasi lengkapnya. 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami