Berita Kami

9 August 2022 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Penetration Tester Wajib Tahu Tools Ini

Penetration Tester Wajib Tahu Tools Ini

Penetration testing juga dikenal sebagai "pentest". Penetration testing merupakan simulasi cyber attack yang menyerang suatu sistem untuk mengetahui apakah ada kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh hacker. Nah, berikut ini merupakan tools yang sering digunakan oleh Penetration Tester :

Kali Linux

Kali Linux merupakan suatu alat yang paling umum digunakan dalam Keamanan Cyber. Sistem operasi ini terdiri dari berbagai alat yang berguna dalam audit keamanan, pemindaian jaringan dan sistem untuk kerentanan, dll.

Nmap 

Nmap adalah tool pertama yang akan kalian temui jika berkarir di dunia cyber security. Tool network scanner ini akan sangat membantu saat proses footprinting dari suatu jaringan yang ingin diuji. Informasi tersebut termasuk port terbuka, layanan, dan sistem operasi yang berjalan di komputer target.

John the Ripper 

John the Ripper adalah tool untuk melakukan password carcking. Tool ini cukup populer karena mendukung custom wordlist dan dapat digunakan untuk melakukan cracking pada sebagian besar hash populer seperti MD5 dan SHA.

Metasploit

Metasploit berisi modul exploit dan scanner dari vulnerability yang sudah ditemukan dan dipublish. Dengan Metasploit, kalian dapat membuat payload dan mengirimnya ke komputer atau server target.

Nikto 

Nikto adalah tool open source yang mampu melakukan scanning pada saat melakukan pentest pada web server. Proses scanning ini juga termasuk pemindaian outdated software dan juga kesalahan konfigurasi.

Setelah memahami tentang Tools Penetration Testing diatas, kamu jadi semakin mantap berkarir sebagai Cyber Security Engineer? Ingin belajar dan mempraktikkan langsung praktik mengenai Cyber Security? Belajar bersama SUHU yuk. Ikuti event kelasnya bersama kami. Chat admin kami untuk lebih lengkapnya di https://bit.ly/kontaksuhu

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami