Berita Kami

20 July 2023 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Perbedaan Power BI vs Tableau Buat Visualisasi Data

Perbedaan Power BI vs Tableau Buat Visualisasi Data

Dalam era informasi yang semakin maju ini, analisis data telah menjadi elemen kunci bagi perusahaan dan individu dalam membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis. Baik Power BI dan Tableau adalah dua platform analisis data yang populer dan kuat, yang membantu pengguna menyajikan data secara visual dan mendalam untuk mendapatkan wawasan yang berharga. Namun, kedua platform ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam beberapa aspek. Mari kita eksplorasi perbedaan antara Power BI dan Tableau untuk membantu Anda memahami mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda.

Sekilas tentang Power BI dan Tableau


Microsoft Power BI adalah software analisis berbasis cloud dan platform business intelligence yang menawarkan gambaran umum data perusahaan secara lengkap.
Tableau merupakan business intelligence software yang powerful untuk visualisasi data dan mencari informasi tersembunyi dari sebuah data.

Power BI vs Tableau 

 

Power BI

Tableau

Kemudahan pengguna

Mudah digunakan untuk pemula, terutama pengguna Excel

Kapasitas explorasi dan visualisasi data secara mendetail

Olah data

Megolah data yang tidak terlalu besar

Mengolah data dengan jumlah besar 

Bahasa pemrograman

Mendukung bahasa R

Mendukung bahasa R dan Python

Fitur 

Dapat menangani real time data yang perlu ditangani segera

Memiliki fitur live query dan extract untuk data analyst

Harga 

Lebih murah

Lebih mahal

Kesimpulannya, baik Power BI maupun Tableau adalah platform analisis data yang kuat dan efektif, masing-masing dengan keunggulan dan fitur khasnya. Pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda/perusahaan ingin menganalisis data yang jumlahnya tidak terlalu besar, Power BI bisa menjadi pilihan tepat. Sedangkan, Tableau cocok digunakan jika perusahaan memiliki volume data besar yang harus dianalisis dengan cepat. Penting untuk mencoba keduanya dan mengevaluasi sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda berminat untuk mempelajari tentang Data Visualitation using Power BI lebih mendalam, silakan mengikuti pelatihannya bersama SUHU disini :
- Pelatihan Data Visualitation using Power BI : https://bit.ly/pelatihanpowerBI

Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami