Berita Kami

20 December 2021 - Kategori: Knowledge - Oleh: SUHU

Selain Coding, Ini Hard Skill yang Harus Dimiliki Software Developer

Selain Coding, Ini Hard Skill yang Harus Dimiliki Software Developer

“Software developer cuma butuh bisa ngoding?”

Biasanya skill yang paling dikenal dari seorang software developer adalah coding. Namun ternyata tidak hanya coding saja hardskill yang perlu dimiliki software developer. Selain coding, ini hard skill yang harus dimiliki software developer.

1. Skill Bahasa Pemrograman

Salah satu skill utama yang harus dimiliki seorang software developer adalah bahasa pemrograman. Untuk menjadi software developer paling tidak harus paham salah satu bahasa pemrograman.

Jenis bahasa pemrograman ada bermacam-macam. Pemilihan bahasa pemrograman akan mempengaruhi minat dan bidang yang akan ditekuni seorang software developer.

Jenis bahasa pemrograman yang populer di kalangan software developer antara lain JavaScript, HTML, SQL, Python.

Jika Anda berminat untuk menjadi software developer profesional, Anda perlu mempelajari setidaknya 7 bahasa pemrograman.

2. Struktur dan Algoritma

Struktur dan Algoritma adalah keterampilan ini sangat penting dan menjadi pertimbangan bagi perusahaan sebelum merekrut seorang software developer.

Kemampuan atau skill struktur dan algoritma bisa membuat Anda menjadi software developer yang paham bagaimana caranya mengatur data dan menggunakannya untuk memecahkan suatu masalah.

Struktur dan algoritma adalah jantung dari pemrograman. Jika Anda menguasai struktur dan algoritma, maka akan membantumu dalam membuat kode dengan lebih efisien.

2. Software Development Life Cycle (SDLC) 

Software development life cycle (SDLC) adalah framework untuk mengembangkan software yang sesuai dengan kebutuhan teknologi dan konsumen.

Ada banyak tahapan dari SDLC yang digunakan oleh software developer untuk mengembangkan software yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan deadline dan budget.

Seorang software developer harus paham dengan siklus hidup software mulai dari analisis kebutuhan hingga pemeliharaan produk.

Itulah hard skill selain coding yang harus dimiliki oleh software developer. Jika Anda punya minat untuk mempelajari software developement, silakan mengikuti pelatihan IT bersama SUHU. Kontak kami di mail@suhu.co.id untuk mengetahui informasi lengkap mengenai pelatihan IT bersama SUHU. 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami