Pelatihan Penyelamatan Dan Penyelesaian Kredit Bermasalah

Pelatihan Banking & Bisnis

Deskripsi Pelatihan

Seiring dengan perkembangan bisnis industri perbankan yang sangat dinamis, memicu tingkat persaingan antar bank baik dalan melakukan inovasi produk, standar pelayanan, perkembangan teknologi serta pemberian jasa layanan perbankan lainnya. Selain itu perbankan juga tetap harus memperhatikan skala prioritas bisnis bagi usaha perbankan itu sendiri yang keuntungan perusahaan hampir 70% lebih berasal dari produk pembiayaan, serta menjalankan fungsi perbankan dengan baik sebagai lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat. Dalam hal penyaluran dana kepada masyarakat tentunya perbankan harus mengakomodir berbagai macam resiko dengan melakukan analisa yang matang. Dalam memproses pemberian kredit atau pembiayaan, mengawasi penggunaannya sampai kepada penyelesaiannya, berbagai aspek sangat menentukan, seperti aspek financial, marketing, manajemen, hukum dll. Akan tetapi kadang kala perbankan juga harus mengalami resiko kredit yaitu kredit macet, dan wajib menyelesaikan kredit macet tersebut dengan baik.

Penyelesaian kredit mulai dengan menggunakan berbagai pendekatan, salah satunya yaitu dengan upaya pendekatan non legal maupun secara legal. Biasanya pendekatan legal merupakan upaya akhir dari bank apabila dengan upaya lain yang dilakukan tidak mendapatkan hasil. Upaya pendekatan secara legal, umumnya diusahakan untuk tidak dilakukan apabila nasabahnya beritikad baik untuk menyelesaikan pinjaman bank. Dalam pelatihan ini membahas bagaimana penyelesaian kredit secara efektif, dengan langkah-langkah apa yang sebaiknya ditempuh agar kedua belah pihak baik bank maupun debitur dalam penyelesaian kredit bermasalah mendapatkan suatu penyelesaian yang saling menguntungkan.

Materi Pelatihan

  • Definisi kredit bermasalah dan kredit macet
  • Penyebab dan Tanda-tanda kredit bermasalah
  • Deteksi dini kredit yang berpotensi menjadi bermasalah dan melakukan langkah-langkah awal penanganannya
  • Aspek hukum kredit bermasalah
  • Aspek psikologis penagihan
  • Alternatif-alternatif penyelesaian kredit bermasalah: pelunasan, penjualan agunan/asset, offset jaminan, restrukturisasi kredit dan litigasi
  • Decision Making untuk penyelesaian kredit bermasalah
  • Administrasi dan Dokumentasi
  • Jaminan dan agunan
  • Negosiasi dan mediasi efektif

Fasilitas Pelatihan

  • Modul Training berbentuk softcopy.
  • Video Materi
  • Online Grup Discussion
  • Sertifikat pelatihan berbentuk e- ertificate

Catatan Khusus

  • Kelas berjalan minimal 20 peserta, apabila kurang dari itu terdapat penyesuaian harga
  • Kelas bisa menjadi tatap muka dengan penyesuaian harga dan standar protokol covid-19
  • Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
  • Dianjurkan menggunakan headset/earphone.
  • Koneksi internet yang stabil Internet bandwidth 1,5 Mbps
  • Buku dan alat tulis.

Bagikan Pelatihan ini

Situs Pelatihan
Google Meeting (Link akan di bagikan di Chat Group)

Rp500.000

Tidak ada jadwal yang sesuai?

AJUKAN JADWAL LAIN

Pelatihan Terkait

Penyusunan dan Review Rencana Bisnis Bank (RBB)
  • Reguler
  • 4-06 November 2020
Penyusunan dan Review Rencana Bisnis Bank (RBB)

Deskripsi Pelatihan : Perbankan wajib menyusun RBB secara obyektif, menerapkan manajemen risiko yang efektif dan tata kelola yang baik sehingga kinerja dan kesehatannya terpelihara secara prima sesua

Banking Fraud Prevention
  • Reguler
  • 23-25 September 2020
Banking Fraud Prevention

Deskripsi Pelatihan : Kerugian yang dialami oleh bank akibat tindak kecurangan terhadap kegiatan operasional bank hingga saat ini masih terus terjadi dalam berbagai ukuran dan bentuk, baik yang dilak

Manajemen Risiko Operasional Bank
  • Reguler
  • 11-13 November 2020
Manajemen Risiko Operasional Bank

Deskripsi Pelatihan : Ancaman yang muncul dari dan terhadap kegiatan operasional bank dapat dipicu oleh berbagai faktor baik internal maupun ekstenal. Peristiwa potensial seperti penyalahgunaan wewen

Hubungi kami