Berita Kami

21 November 2023 - Kategori: Umum - Oleh: SUHU

Pelatihan Analisis Pendapatan Daerah

Pelatihan Analisis Pendapatan Daerah

Dilansir dari situs resmi milik Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kuningan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pendapatan Asli Daerah adalah pendapatan yang diperoleh daerah yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Disamping itu, dalam buku “Manajemen Keuangan Daerah” Pendapatan Asli Daerah (PAD) didefinisikan sebagai seluruh penerimaan daerah yang berasal dari sumber-sumber ekonomi asli daerah. PAD juga digunakan sebagai komponen untuk menghitung kemandirian finansial suatu daerah dalam melaksanakan otonomi daerah.

Pelatihan analisis dan evaluasi APBD ini diselenggarakan dalam rangka memahami proses analisis dalam penyusunan APBD serta proses evaluasi terhadap pelaksanaan APBD, SUHU Professional Training and Consulting menyelenggarakan Pelatihan Analisis Pendapatan Daerah untuk karyawan dari Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di SMEDI Coliving & Coffee yang berlangsung pada tanggal 5-7 November 2023.
Berikut materi-materi yang disampaikan selama pelatihan:
1. Pengenalan analisis pendapatan daerah
2. Metode dan teknik analisis pendapatan daerah
3. Faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan daerah

Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari ini dilengkapi dengan studi kasus dan sesi diskusi untuk membekali keterampilan praktis para peserta. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami prinsip, indikator, dan pendekatan yang digunakan dalam menganalisis serta mengevaluasi APBD secara lebih dalam agar terciptanya efektivitas ABPD secara optimal sehingga menunjang pembangunan daerah. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta pelatihan, Anisatul Fitriana, “Dengan instruktur yang berpengalaman, membuat saya semakin memahami apa yang seharusnya dioptimalkan selama mengelola APBD.” 

 

Pada hari terakhir pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat attendance yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas serta keterampilan dalam mengelola APBD secara efektif.

Ingin menambah pengetahuanmu di bidang pengelolaan pendapatan daerah?
Silakan mengikuti pelatihannya bersama SUHU disini :
Pelatihan/Bimtek Pengelolaan Aset Daerah: https://pelatihanpemerintahan.id/elementor-2057/   
Pelatihan/ Bimtek Manajemen Keuangan Rumah Sakit: https://pelatihanpemerintahan.id/elementor-2042/  
Pelatihan Pelatihan/ Bimtek Manajemen Keuangan dan Akuntansi Koperasi: https://pelatihanpemerintahan.id/elementor-2000/    

Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu   

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami