Berita Kami

18 March 2024 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan aplikasi SRIKANDI Versi 3 - PUPR Provinsi Kalimantan Selatan

Pelatihan aplikasi SRIKANDI Versi 3 - PUPR Provinsi Kalimantan Selatan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan pelatihan aplikasi SRIKANDI Versi 3 bagi para pegawainya. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 29 Februari hingga 3 Maret 2024, di Nusa Tengara Barat.

Sebanyak 11 orang peserta mengikuti pelatihan ini, yang terdiri dari perwakilan bidang dan unit kerja di PUPR Provinsi Kalimantan Selatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pegawai menerapkan sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi dalam rangka optimalisasi transformasi digital PUPR Provinsi Kalimantan Selatan.

SRIKANDI merupakan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang dikembangkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Aplikasi ini dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dan prinsip dasar kearsipan, serta bagaimana menerapkannya dalam penggunaan aplikasi SRIKANDI. Tujuan utama dari pelatihan SRIKANDI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas petugas kearsipan dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan arsip, sehingga dapat mendukung efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di instansi atau organisasi masing-masing.

Pelatihan ini juga mencakup teknis penggunaan aplikasi tersebut, mulai dari proses pengarsipan, pencarian, pengindeksan, hingga manajemen data arsip secara efisien dan efektif. Pada SRIKANDI Versi 3 terdapat beberapa fitur tambahan yaitu text editor, multiple role/hak akses, multiple sign, notifikasi serta Application Programming Interface Management untuk kebutuhan integrasi dengan aplikasi lain.

Ibu Arinda selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian PUPR Kalimantan Selatan berharap, dengan mengikuti pelatihan ini, para pegawai PUPR Kalsel dapat mengelola arsip dengan lebih efektif dan efisien menggunakan aplikasi SRIKANDI Versi 3. “Arsip merupakan aset penting bagi sebuah instansi. Oleh karena itu, pengelolaan arsip harus dilakukan dengan baik dan benar. Dengan menggunakan aplikasi SRIKANDI, diharapkan pengelolaan arsip di PUPR Kalimantan Selatan menjadi lebih mudah, cepat, dan transparan” ujar Ibu Arinda.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan para pegawai PUPR Kalsel dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas petugas kearsipan dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan arsip, sehingga dapat mendukung efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di instansi atau organisasi masing-masing.

Jika Anda berminat untuk mempelajari tentang aplikasi SRIKANDI ataupun aplikasi yang mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara mendalam, silakan mengikuti pelatihannya bersama SUHU. Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami