Berita Kami

15 November 2023 - Kategori: Umum - Oleh: SUHU

PELATIHAN SAKIP

PELATIHAN SAKIP

Pelatihan Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) telah diselenggarakan pada tanggal 18-20 Oktober 2023 di Kantor SUHU Professional Training and Consulting secara sukses bersama peserta dari BKPSDM SUKOHARJO.

Pelatihan Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta dalam memahami perencanaan strategis dalam pemerintahan, membuat perencanaan strategis yang inovatif, memahami manajemen kinerja dalam pemerintahan, serta menyusun sistem pengukuran dan pelaporan kinerja.

Sistem akuntabilitas instansi pemerintah yang merupakan suatu siklus kinerja, mulai dari perencanaan strategis sampai dengan pertanggungjawabannya menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh setiap instansi pemerintah.

Melansir dari website resmi Pengadilan Negeri Negara, salah satu asas dalam implementasi tata pemerintahan adalah akuntabilitas. Akuntabilitas memiliki arti berupa pertanggungjawaban dari amanah yang melekat di suatu lembaga. Pengelolaan akuntabilitas kinerja terdiri dari pengelolaan data kinerja, pengukuran kinerja, dan pelaporan kinerja yang disusun dalam dokumen akuntabilitas kinerja.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini membekali peserta dengan beberapa rincian materi, seperti:
1. Penguatan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
2. Langkah – Langkah Penyusunan SAKIP
3. Langkah – Langkah Penyusunan Indikator Kerja
4. Langkah – Langkah Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dan masih banyak lagi.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta, Nanin Sumarni,
“Mengikuti pelatihan ini menjadi salah satu pengalaman belajar yang menyenangkan karena didampingi oleh instruktur yang ahli dibidangnya dengan penyampaian yang mudah dipahami sehingga menambah wawasan yang bisa diterapkan di dunia kerja.”

Pada hari terakhir pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat attendance yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas mereka dalam bekerja di dunia pemerintahan. Sertifikat ini dapat menjadi bukti bahwa peserta memiliki keterampilan dalam mengeksekusi rencana strategis lebih efektif dan efisien sehingga mampu menghasilkan sistem akuntabilitas kinerja yang ‘beyond expectation’ bagi masyarakat di instansi tersebut.

Jika Anda berminat untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) secara  lebih dalam, silakan mengikuti pelatihannya bersama SUHU disini :

Pelatihan Pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP): https://suhu.co.id/pelatihan/pelatihan_pelaksanaan_sistem_akuntabilitas_kinerja_instansi_pemerintahan_sakip 

Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu 



BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami