Berita Kami

31 August 2023 - Kategori: Umum - Oleh: SUHU

Pelatihan Web Application Development using Node.Js

Pelatihan Web Application Development using Node.Js

Yogyakarta, 8-11 Agustus 2023, pelatihan Web Application Development using Node.Js telah diselenggarakan dengan peserta dari PT Air Minum Giri Menang. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan membahas tentang pengembangan aplikasi web dengan menggunakan Express sebagai Routing Engine, MongoDB sebagai database untuk penyimpanan data, dan Node.js sebagai Backend atau Runtime Environment aplikasi web yang berbasis Java Script.

Node.js adalah platform open-source yang populer untuk pengembangan aplikasi web. Node.js menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang sama dengan sisi klien, sehingga memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi yang lebih terintegrasi.
Materi pelatihan kali ini meliputi:
- Introduction to Node.js.
- Using Express.
- Using Jade, EJS, and Vash as View Engine.
- Introduction NoSQL Database - MongoDB.
- MongoDB Queries.
- Using MongoDB for Persisting Data.
- Using mySQL Module to Access MySQL Server.
- The Clean Architecture.
- Node.js fundamentals.
- REST Services in Node.js with MVC.
- Securing API Endpoint.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari ini juga membahas komponen lainnya yang masih berhubungan dengan penggunaan Node.js yaitu Gulp yang merupakan Streaming Build System dan digunakan untuk melakukan otomatisasi task seperti misalnya monitoring files. Dalam materi ini juga dibahas teknik akses data ke database MySQL Server, dan REST Services. Selain itu dibahas pula View Engine untuk menampilkan data atau object di HTML-nya bisa menggunakan Jade, EJS, atau view engine lainnya yang umum digunakan.

Pelatihan ini cocok untuk siapa saja yang ingin mempelajari pengembangan aplikasi web menggunakan Node.js, baik pemula maupun profesional. Peserta yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat.

Salah satu peserta pelatihan, Zanul Harir, mengaku sangat puas dengan pelatihan yang diberikan. "Pelatihan ini sangat intensif dan materinya disampaikan dengan jelas, baik dan sesuai dengan reques. Asiknya lagi pelatihan di tempat yang kekinian." ujar Zanul. "Saya jadi lebih memahami tentang Node.js dan cara mengembangkan aplikasi web dengan Node.js," tambahnya.

Node.js memiliki banyak manfaat untuk pengembangan aplikasi web, antara lain:
- Node.js adalah platform yang cepat dan scalable.
- Node.js menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang sudah umum digunakan.
- Node.js memiliki ekosistem yang kaya dengan berbagai paket dan plugin yang dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi.
- Dengan belajar Node.js, para pengembang dapat meningkatkan keterampilan pemrograman mereka dan menciptakan aplikasi web yang lebih efisien dan efektif.

Tertarik belajar dan meningkatkan skill dalam bidang Docker dan Kubernetes juga? Ikuti beragam Pelatihan, Bimtek, Sertifikasi dan Workshop untuk meningkatkan kompetensi Anda bersama SUHU.

Informasi lebih lanjut tentang pelatihan Web Application Development using Node.Js dapat Anda lihat disini : https://suhu.co.id/pelatihan/web_application_development_using_node_js

Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu

 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami