Berita Kami

5 March 2024 - Kategori: Bimtek - Oleh: SUHU

Pelatihan GIS (Geographic Information System) using ArcGIS / QGIS – BPKPD Kota Gunungsitoli

Pelatihan GIS (Geographic Information System) using ArcGIS / QGIS – BPKPD Kota Gunungsitoli

Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Gunungsitoli mengikuti pelatihan Geographic Information System (GIS) menggunakan ArcGIS di Yogyakarta. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 26 sampai 29 Februari 2024.

GIS adalah sistem informasi yang mempunyai data yang diambil berdasarkan letak geografis suatu wilayah untuk proses analisis, penyimpanan dan visualisasi. Dengan menggunakan GIS, BPKPD Kota Gunungsitoli dapat mengambil keputusan perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya. Teknologi GIS juga dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Hasil akhir dari proses GIS diwujudkan dalam peta atau grafik.

Selama pelatihan, para peserta mempelajari berbagai materi, termasuk:
- Konsep Dasar GIS
- Penggunaan Arc Catalog dan ArcGIS
- Data Tabular dan Query Dasar
- Spatial queries
- Spatial analysis dengan data vector
- Spatial data visualization
- Pengenalan Dasar GPS dan Drone

Pelatihan ini dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman di bidang GIS. Instruktur memberikan materi pelatihan dengan metode yang mudah dipahami dan dipraktikkan. Peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung menggunakan software ArcGIS.

Salah satu peserta, Anugerah Julius mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk dirinya. "Dengan menggunakan GIS, kami dapat membuat kebijakan yang lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan keuangan dan pendapatan daerah," kata Anugerah Julius.

Di akhir pelatihan, para peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil proyek GIS yang mereka kerjakan selama pelatihan. Selain itu para peserta juga diberikan sertifikat attendance sebagai bukti bahwa kehadiran dan menyelesaikan pelatihan  Geographic Information System (GIS) menggunakan ArcGIS.

Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi secara lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, BPKPD dapat membantu Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi.

Jika Anda berminat untuk mempelajari tentang Geographic Information System (GIS) menggunakan ArcGIS secara mendalam, silakan mengikuti pelatihannya bersama SUHU disini : GIS (Geographic Information System) using ArcGIS / QGIS 

Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami