Berita Kami

2 November 2023 - Kategori: Umum - Oleh: SUHU

Pelatihan Pengelolaan Digital Library

Pelatihan Pengelolaan Digital Library

 

Perpustakaan merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat Indonesia. Perpustakaan memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam mempromosikan kondisi ideal ini. Berdirinya perpustakaan yang merespon beragam kebutuhan dan kepentingan masyarakat melahirkan jenis-jenis perpustakaan. Sulistyo Basuki mengemukakan jenis-jenis perpustakaan berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan, diantaranya perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan sebagai center of information resources excellence harus terus mampu berkembang supaya memberikan yang terbaik kepada lembaga induknya maupun pengguna pada umumnya.

Demi mencapai kriteria perpustakaan yang ideal, yakni mampu memberdayakan masyarakat, mampu merevolusi minat baca pada masyarakat, dan mengubah masyarakat tuna informasi menjadi masyarakat yang berliterasi atau melek informasi, SUHU Professional Training and Consulting menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Digital Library di SMEDI Coliving & Coffee by SUHU pada tanggal 24-25 Oktober 2023 dengan diikuti oleh enam karyawan dari Perpustakaan UMRAH sebagai peserta.

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari ini didampingi Pak Zulfa sebagai instruktur yang tentunya telah berpengalaman dalam bidang kepustakaan. Selama pelatihan berlangsung, peserta dibekali beberapa rangkaian yang menjadi dasar-dasar mengembangkan perpustakaan yang baik secara digital, seperti manajemen perpustakaan sampai bagaimana memanfaatkan aplikasi software di perpustakaan. Menurut salah satu peserta, Siti Rahma Br Siregar, “Pelatihan manajemen perpustakaan ini benar-benar menambah wawasan saya yang selama ini belum pernah saya ketahui. Instruktur yang sabar dan detail dalam menjelaskan membuat saya nyaman dalam berproses memahami materi. Saya yakin materi pada pelatihan ini bisa saya praktikkan di tempat kerja saya."

Pada hari terakhir pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat attendance yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas mereka di dunia kepustakaan. Sertifikat ini tentunya memfasilitasi peserta yang berniat menambah value tentang keterampilannya dalam mengembangkan perpustakaan digital.

Jika Anda berminat untuk mempelajari tentang pengembangan digital library secara mendalam, silakan mengikuti pelatihannya bersama SUHU disini :
Pelatihan/ Bimtek Manajemen Perpustakaan: https://pelatihanpemerintahan.id/elementor-1949/ 

Silakan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami, klik link https://bit.ly/kontaksuhu






 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI

Berita Terkait

Hubungi kami